Thursday 18 February 2016

Prakarya Untuk Keterampilan Hidup

Tercapainya tujuan pembelajaran adalah harapan besar yang selalu ingin di wujudkan oleh setiap guru, pada materi pembelajaran Prakarya melekat satu paket pelajaran ketrampilan hidup yaitu kewirausahaan, yang mana pada pembelajaran tersebut dimaksudkan untuk  menumbuhkan semangat kewirausahaan sejak dini. Paket pembelajaran untuk prakarya dan kewirausahaan mengarahkan agar peserta didik mampu  meningkatkan daya cipta dan kewirausahaan.
Dalam pembelajaran ini guru memiliki tugas utama untuk memfasilitasi peserta didik agar mampu berekspresi kreatif melalui keterampilan teknik berkarya ergonomis, teknologi dan ekonomis. disamping itu guru harus dapat membimbing siswa dalam   melatih keterampilan mencipta karya berbasis estetis, artistik, ekosistem dan teknologis serta melatih memanfaatkan media dan bahan berkarya seni dan teknologi melalui prinsip ergonomis, hygienis, tepat-cekat-cepat, ekosistemik dan metakognitif.
Hasil akhir yang ingin dicapai tentunya adalah   menghasilkan karya jadi maupun apresiatif yang siap dimanfaatkan dalam kehidupan, maupun berisfat wawasan dan landasan pengembangan apropriatif terhadap teknologi terbarukan dan teknologi kearifan lokal. Dan bagi kewirausahaan itu sendiri dapat   Menumbuh kembangkan jiwa wirausaha melalui melatih dan mengelola penciptaan karya (produksi), mengemas, dan usaha menjual berdasarkan prinsip ekonomis, ekosistemik dan ergonomis.
Uraian diatas tentu sangatlah idealis dalam pembelajaran dan terkesan kontekstual, namun dengan segala keterbatasan, baik intake, sarana maupun daya dukung yang lainnya, sasaran pembelajaran tentu tidak semudah itu untuk mencapai target 100%.
Kasus nyata yang ada adalah penerapan pembelajaran Prakarya yang ada di SMAN 21 Batam, dengan segala keterbatasan yang ada, sebagai seorang pendidik saya mencoba untuk memanfaatkan dan memaksimalkan segala yang ada.

(penulis : akhmad asrori S.Kom), https://disaku.wordpress.com/

0 Post a Comment:

Post a Comment